Topologi Jaringan Komputer dan Pengertiannya

Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan sedikit Pengertian dan Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer . Artikel tentang topologi jari...

Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan sedikit Pengertian dan Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer. Artikel tentang topologi jaringan komputer ini diperuntukkan bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah atau yang sudah kuliah dan mungkin materi inilah yang memang anda butuhkan sekarang ini. Topologi jaringan komputer terdiri dari 5 macam jaringan, yaitu Topologi Bus, Topologi Ring (Cincin), Topologi Star (Bintang), Topologi Tree (Pohon) dan Topologi Mesh. Dari masing-masing topologi tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan. Simak penjelasan mengenai macam-macam topologi jaringan komputer dibawah ini.

Pengertian Topologi Jaringan Komputer adalah suatu cara yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan seperti node, link dan station. Kalau pengertian Topologi Jaringan dalam Telekomunikasi yaitu suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga terbentuk yang namanya jaringan.

Jenis-Jenis Topologi Jaringan Komputer :

1. Topologi Bus

Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer

Topologi bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.

Kesulitan utama dari penggunaan kabel sepaksi adalah sulit untuk mengukur apakah kabel sepaksi yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node).

Pada topologi bus dua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan men tap Ethernetnya sepanjang kabel.

Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.

2. Topologi Ring (Cincin)

Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer

Topologi Ring atau topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.

3. Topologi Star (Bintang)

Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer

Topologi Star atau disebut dengan topologi bintang digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke sentral point. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi jaringan lainnya.

Pada Topologi Star, masing-masing Workstation dihubungkan secara langsung ke Server atauHub/Swich. Hub/Swich berfungsi menerima sinyal -sinyal dari komputer dan meneruskannya ke semya komputer yang terhubung dengan Hub/Swich tersebut. Jaringan dengan Topologi ini lebih mahal dan cukup sulit pemasangannya . Setiap komputer mempunyai kabel sendiri-sendiri sehingga lebih mudah dalam mencari kesalahan pada jaringan. Kabel yang digunakan biasanya menggunakan Kabel UTP CAT5.

4. Topologi Tree (Pohon)

Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat menyerupai pohon. Topologi Tree ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.

5. Topologi Mesh

Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer

Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicatedlinks). Dengan demikian maksimal banyaknya koneksi antar perangkat pada jaringan bertopologi mesh ini dapat dihitung yaitu sebanyak n(n-1)/2. Selain itu karena setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan maka setiap perangkat harus memiliki sebanyak n-1 Port Input/Output (I/O ports).

Jaringan dengan Topologi Mesh mempunyai jalur ganda dari setiap peralatan di jaringan komputer. Semakin banyak komputer yang terhubung semakin sulit untuk pemasangan kabelnya.

Demikian artikel mengenai Pengertian dan Jenis-Jenis Topologi Jaringan Komputer yang dapat anda pelajari dan semoga apa yang saya share dapat bermanfaat.


Sumber :

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Activator,3,Adobe,1,aneka resep,35,AntiVairus,1,coreldraw,22,Data Recovery,1,Driver,3,education,6,IDM,1,kesehatan,21,komputer,22,Multimedia,1,news,7,photoshop,42,relegius,19,seo,27,Serial Key,4,tips wanita,10,tutorial blog,117,
ltr
item
Full Version Download: Topologi Jaringan Komputer dan Pengertiannya
Topologi Jaringan Komputer dan Pengertiannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnuWSg6VKixaXDdL43pt4KSc4AHNOx_3STtY5LI36aSn-Mlt8RcEo8gFiFHlxTKhP2C9PJ8F2QLnetf8iE41oRl7DBg3OZWC8nXrTselRFjGU_miYLDXSyVYJylLzFxBc3jL65FXqpx4M/s320/Topologi+Bus.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnuWSg6VKixaXDdL43pt4KSc4AHNOx_3STtY5LI36aSn-Mlt8RcEo8gFiFHlxTKhP2C9PJ8F2QLnetf8iE41oRl7DBg3OZWC8nXrTselRFjGU_miYLDXSyVYJylLzFxBc3jL65FXqpx4M/s72-c/Topologi+Bus.jpg
Full Version Download
https://bloggerbondowoso24.blogspot.com/2013/04/topologi-jaringan-komputer-dan.html
https://bloggerbondowoso24.blogspot.com/
https://bloggerbondowoso24.blogspot.com/
https://bloggerbondowoso24.blogspot.com/2013/04/topologi-jaringan-komputer-dan.html
true
7143853511036504925
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy