Pengertian dan Sejarah Photoshop



Pengertian dan Sejarah Photoshop

Pengertian Photoshop adalah program atau aplikasi yang khusus untuk membuat dan memanipulasi / mengedit objek atau gambar. Adobe Photoshop ini biasanya banyak digunakan oleh para photografer digital dan perusahaan iklan. Bersama Adobe Acrobat, Adobe Photoshop ini merupakan produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Saat ini Adobe Photoshop tidak hanya dirancang untuk sebuah pengeditan gambar / foto tetapi sekarang sudah berkembang dan dapat dipakai untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web dan juga sudah disertai dengan aplikasi seperti Adobe Image Ready. Setelah mengetahui apa pengertian photoshop, kini simak bagaimana asal mula berdirinya photoshop atau sejarah photoshop.

Pengertian dan Sejarah Photoshop

Sejarah Photoshop

Seorang mahasiswa PhD di Universitas Michigan yaitu Thomas Knoll, pada tahun 1987 menulis suatu program pada Macintosh Plus untuk menampilkan sebuah gambar Grayscale pada layar monokrom. Bersama dengan saudaranya yaitu John Knoll yang juga karyawan dari Industrial Light & Magic, merubahnya menjadi program penyunting gambar. Pada tahun 1988 kedua kakak beradik itu merubahnya dengan nama ImagePro. Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; "total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan".

Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.

Versi terbarunya yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini dipasarkan dengan nama "Photoshop CS2. Versi beta Photoshop CS3 telah dirilis untuk pengguna CS2 pada tanggal 15 Desember 2006. Versi berikutnya diliris dilengkapi dengan ''Adobe Camera RAW'', sebuah plugin yang dikembangkan oleh Thomas Knoll yang dapat membaca beberapa format file RAW dari kamera digital dan mengimpornya langsung ke Photoshop. Versi awal RAW plugin ini juga tersedia untuk Photoshop 7.0.1 dengan tambahan biaya $99 USD.

Sampai di tahun 2013 ini Adobe Photoshop sudah meliris dengan versi terbarunya yaitu Adobe Photoshop CS 6 dan mungkin tidak lama lagi akan keluar versi paling terbarunya.

Nah itulah Pengertian dan Sejarah Photoshop yang dapat saya ulas, semoga bermanfaat.

sumber :

Related Post

Posted by: Rudy Bond
Blogger Bondowoso, Updated at: 18:11
 
Copyright © 2011 - Blogger Bondowoso | Template Modify by Creating Website | Proudly powered by Blogger