Cara Membuat Jaringan Komputer LAN Untuk Warnet

Bagi anda yang ingin mempunyai bisnis layanan internet khususnya Warnet, untuk ngirit biaya pemasangan jaringan komputer, anda dapat belaja...

Bagi anda yang ingin mempunyai bisnis layanan internet khususnya Warnet, untuk ngirit biaya pemasangan jaringan komputer, anda dapat belajar sendiri cara membuat jaringan komputer LAN. Biasanya pada CPU komputer sudah dilengkapi dengan fasilitas LAN Card atau NIC (Network Interface Controller). Kalau belum ada silahkan beli terlebih dahulu. Saya akan memberikan cara membuat jaringan komputer LAN dengan menggunaan kabel UTP dan konektor RJ-45 (dapat dibeli di toko komputer). Untuk kabel UTP dan konektor RJ-45 ini usahakan cari yang berkualitas karena akan mempengaruhi kinerja jaringan. Anda dapat lihat gambar dibawah ini seperti apa bentuk dari NIC, konektor RJ-45 dan UTP Cable. Jaringan LAN yang sudah dipasang nantinya dapat digunakan untuk sharing file / data antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya yaitu untuk Billing Warnet dan untuk Client.

Cara Membuat Jaringan Komputer LAN

Cara Membuat Jaringan Komputer LAN Untuk Warnet

Kalau anda mempunyai 2 buah komputer dan akan dibuat saling berhubungan / saling conect, untuk pemasangan jaringan komputer LAN ini cukup menggunakan kabel UTP yang tidak begitu panjang dan 2 bh konektor RJ-45 dengan konfigurasi Cross atau menyilang.

Pada tutorial ini Blogger Bondowoso akan memberikan cara memasang jaringan komputer LAN dengan menggunakan 6 buah komputer / PC. Karena jumlah PC yang banyak, maka perlu menggunakan Switch atau Hub agar masing-masing komputer dapat saling berhubungan. Untuk memasang kabel UTP dan konektor RJ-45 pada masing-masing komputer, gunakan kabel UTP dan konektor RJ-45 yang pada kedua ujung kabel menggunakan konfigurasi Straight / lurus untuk dicolokkan / dipasang ke Switch/Hub. Lihat gambar dibawah ini.

Cara Membuat Jaringan Komputer LAN

Konfigurasi Alamat IP (Internet Protocol / TCP IP)

Jika jaringan komputer LAN sudah dibuat/dipasang, langkah selanjutnya yaitu pada masing-masing komputer diberi alamat IP Address (Internet Protocol / TCP IP) dan pemberian IP Address untuk masing-masing komputer tidak boleh sama agar tidak bentrok. Berikut cara memberi alamat IP Address :

1. Pada Control Panel, pilih Network Connection
2. Klik 2 kali pada Local Area Connection, lihat gambar dibawah ini

Cara Membuat Jaringan Komputer LAN

3. Pada General pilih Properties

Cara Membuat Jaringan Komputer LAN

4. Lalu klik lagi 2 kali pada Internet Protocol (TCP / IP)

Cara Membuat Jaringan Komputer LAN

5. Berikutnya klik Use The following IP Address, lalu isi IP address dan Subnet Mask

Cara Membuat Jaringan Komputer LAN

Jika ada 6 buah komputer maka IP Address, seperti contoh dibawah ini
- Komputer 1 => IP Address : 192.168.1.1
- Komputer 2 => IP Address : 192.168.1.2
- Komputer 3 => IP Address : 192.168.1.3
- Komputer 4 => IP Address : 192.168.1.4
- Komputer 5 => IP Address : 192.168.1.5
- Komputer 6 => IP Address : 192.168.1.6

Keterangan :
- Untuk IP Address tidak boleh sama
- Untuk Subnet Mask harus sama yaitu pada default : 255.255.255.0

6. Selanjutnya klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties. Pada Computer Name pilih Change.

Cara Membuat Jaringan Komputer LAN

7. Isi kotak pada Computer name dengan nama komputer 1. Beri nama juga untuk komputer yang lainnya dan centang pada tulisan WORKGROUP.

Cara Membuat Jaringan Komputer LAN

8. Kalau sudah lalu restart komputer.
9. Langkah terahir lakukan PING agar masing-masing komputer dapat terhubung.

Cara Ping dari komputer 1 ke komputer 2 :
Pada komputer 1 : klik Start => Run => lalu ketik CMD dan OK lalu tulis ping 192.168.1.2  dan tekan enter. Apabila keluar replay dari komputer 2 maka komputer telah terkoneksi. Lakukan perintah yang sama pada komputer yang lainnya dan pastikan replay dari masing-masing komputer.

Catatan :
Apabila koneksi belum terhubung dan keluar perintah Request time out, maka harus dilakukan pengecekan lagi.

Demikialah Cara Membuat Jaringan Komputer LAN Untuk Warnet, silahkan dicoba.

COMMENTS

BLOGGER: 20
Loading...
Name

Activator,3,Adobe,1,aneka resep,35,AntiVairus,1,coreldraw,22,Data Recovery,1,Driver,3,education,6,IDM,1,kesehatan,21,komputer,22,Multimedia,1,news,7,photoshop,42,relegius,19,seo,27,Serial Key,4,tips wanita,10,tutorial blog,117,
ltr
item
Full Version Download: Cara Membuat Jaringan Komputer LAN Untuk Warnet
Cara Membuat Jaringan Komputer LAN Untuk Warnet
http://4.bp.blogspot.com/-8u5PWLasi2A/UYKIi1n7gVI/AAAAAAAACUA/Xf-T561K9bg/s320/jaringan+LAN+1.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-8u5PWLasi2A/UYKIi1n7gVI/AAAAAAAACUA/Xf-T561K9bg/s72-c/jaringan+LAN+1.jpg
Full Version Download
https://bloggerbondowoso24.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-jaringan-komputer-lan.html
https://bloggerbondowoso24.blogspot.com/
https://bloggerbondowoso24.blogspot.com/
https://bloggerbondowoso24.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-jaringan-komputer-lan.html
true
7143853511036504925
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy